Skripsi Sitem Informasi – Psikologi

Judul Skripsi :

PEMBUATAN ANIMASI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA MATA KULIAH PSIKOLOGI PERKEMBANGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3

link :
http://www.library.gunadarma.ac.id/epaper/detail/3745611

Penyusun Skripsi : Lisda
Mahasiswa Universitas Gunadarma jurusan Sistem Informasi

ABSTRAK

Pembelajaran berbasis multimedia adalah salah atu bentuk pemanfaatan TIK yang perlu dilaksanakan dalam dunia pendidikan dewasa ini. Pembelajran berbasis multimedia merupakan suatu pendekatan mengajar yang digunakan dalam proses belajar mengajar agar proses pembelajaran menjadi aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenagkan.

Aplikasi pembelajaran yang dibuat ini menyajikan materi secara interaktif disertai animasi, video, teks, dan suara. Proses pembuatan aplikasi yang dilakukan dimulai dari tahap penentuan sasaran, pemilihan topik dan materi, pengumpulan data, perancangan, pembuatan dan uji coba. Pembuatan aplikasi ini bertujuan untuk mengaplikasikan suatu media pembelajaran berbasis multimedia berupa animasi pada mata kuliah Psikologi Perkembangan dengan menggunakan software Adobe Flash CS3. Aplikasi ini ditujukan bagi mahasiswa jurusan Psikologi di Universitas Gunadarma.

Aplikasi yang telah dibuat sudah berjalan dengan baik sesuai dengan rancangan yang telah dibuat. Pembuatan aplikasi pembelajaran ini dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran mata kuliah Psikologi Perkembangan khususnya mengenai materi Perkembangan Janin, Perkembangan Fisik Anak (3 tahun pertama) dan Perkembangan Kognitif Anak (3 tahun pertama).

METODE PENELITIAN 

Dalam penulisan Tugas Akhir ini dilakukan beberapa tahap dalam melakukan penelitian, yaitu :

1). Perencanaan

      Yang dilakukan dalam perencanaan adalah penentuan sasaran dimana yang menjadi sasarna adalah mahasiswa Universitas Gunadarma Fakultas Psikologi, Jurusan Psikologi. Topik yang dipilih untuk pembuatan pembelajran berbasis multimedia ini adalah Perkembangan Psikologi dengan pertimbangan, antara lain materi penting diketahui, bermanfaat, dan mudah untuk divisualisasikan. Materi yang akan dibahas dalam media pembelajran ini adalah Psikologi Perkembangan untuk subtopik mengenai Perkembangan Janin, Perkembangan Fisik (3 tahun pertama), Perkembangan Kognitif (3 tahun pertama). Kemudian melakukan pengumpulan data, dimana sumber referensi materi Perkembangan Psikologi berasal dari buku pengantar diantaranya Perkembangan Manusia dan modul materi yang diberikan oleh seorang dosen. Selain itu penulis juga mencari dan mengumpulkan data seperti gambar, suara, teks, video dan software Adobe flash CS3 yang dibutuhkan dalam pembuatan animasi melalui penelusuran internet dan media pendukung lainnya.

2). Perancangan Aplikasi

      Merancang aplikasi dengan membuat struktur navigasi dan merancang halaman yang akan ditampilkan serta animasi yang akan  dibuat.

3). Pembuatan Aplikasi

      Mengimplementasikan hasil rancangan serta membuat animasi dengan menggunakan software Adobe Flash CS3.

4). Uji coba Aplikasi

    Sebelum aplikasi diimplementasikan, penulis melakukan pengujian terlebih dahulu. Pengujian aplikasi ini dimulai, setelah seluruh tampilan sudah jadi lalu melewati proses running. Ketika proses running masih terdapat kesalahan maka penulis segera memperbaikinya. Jika tidak terdapat kesalahan pada aplikasi setelah di running, maka aplikasi tersebut diubah ke dalam bentuk .exe. Hal ini dilakukan agar aplikasi ini dapat dijalankan di berbagai komputer dengan spesifikasi tertentu.

KESIMPULAN

Berdasarkan hasil dan pembahasan sebelumnya maka dapat diambil kesimpulan bahwa aplikasi pembelajran Psikologi Perkembangan dari segi desain tampilan, animasi, serta materi yang dibuat sudah berjalan dengan baik serta sesuai dengan rancangan yang telah dibuat dan layak untuk dijadikan sebagai sarana bahan pembelajaran yang berbasis multimedia bagi dosen maupun mahasiswa dalam proses belajar mengajar. Aplikasi ini juga dapat dimanfaatkan untuk menambah pengetahuan, wawasan tentang mata kuliah khususnya mengenai materi Perkembangan Janin, Perkembangan Fisik (3 tahun pertama) dan Perkembangan Kognitif Anak (3 tahun pertama).

Dengan adanya software komputer Adobe Flash CS 3, pembelajaran berbasis multimedia dapat dibuat , karena Adobe Flash CS 3 merupakan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menghasilkan program animasi yang menarik yang dapat membuat file-file multimedia serta mudah menampilakn efek-efek animasi dengan cepat. Selain itu Adobe Flash CS 3 dapat diintegrasikan dengan media audio dan visual lainnya seperti visualisasi gambaar dan suara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s