Komunikasi Internet

KOMUNIKASI INTERNET

• INTERNET SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI

Beberapa fenomena dan kelebihan internet sebagai media informasi dan komunikasi dibandingkan dengan media lain :
1. Mudah cepat dan murah dengan jangkauan global, hal ini didukung dengan fakta bahwa untuk menjangkau pengguna sebanya 60 juta orang :
• Butuh 30 tahun untuk radio
• Butuh 15 tahun untuk televisi
• Butuh 3 tahun untuk Web
2. Informasi apapun bisa dicari di Web dengan mesin pencari : Yahoo, Google, Altavista, dll
3. Bermunculan perusahaan sudah membangun situs Web. Situs komersial tumbuh paling cepat.
4. Bermunculan situs media online ( berbaris media cetak maupun yang tidak : Kompas Cyber Media, Detik, Satunet, CNN, dll )
5. Melalui e-mail, dengan biaya murah dan kini sudah menjadi identitas “wajib” bagi pelaku bisnis
6. Sarana interaktif untuk mewujudkan bisnis melalui internet : sales inquiry, order, registrasi klien, dll
7. Home goes to work, work goes home

SUMBER
http://wss-id.org/blogs/febiyanti_dwi_maharani_sby/archive/2007/09/24/internet-sebagai-media-komunikasi.aspx

• KOMUNIKASI INTERNET
Komunikasi yang baik adalah yang dapat langsung sampai ke lawan bicara. Dengan media internet, komunikasi dapat berjalan secara langsung tanpa perlu upaya mediasi, langkah jurnalistik, atau bentuk tradisional komunikasi yang lainnya.
Komunikasi dan Internet
Komunikasi melalui media internet tidak hanya menguatkan sebuah hubungan, tapi juga memberi nilai tambah pada kecepatan dan bertambah luasnya cakupan komunikasi kita ke publik, terkadang juga bisa mencapai target publik yang bukan termasuk sasaran komunikasi.
Internet dan jejaring sosial dapat membangun hubungan dan komunikasi antarpersonal dengan banyak orang sekaligus. Kemampuan menjalin komunikasi melalui media internet seharusnya dilakukan secara maksimal oleh instansi, karena dapat berdampak positif bagi citra instansi tersebut. Publik terkait akan menilai bagaimana instansi dapat menjalin komunikasi dengan banyak pihak melalui media internet. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak tanggung-tanggung dalam menjalankan program kehumasan melalui internet.
Langkah optimalisasi internet dan jejaring sosial untuk kehumasan dapat melewati batas penghalang dalam menyampaikan informasi dan langsung menyampaikan pesan-pesan tersebut kepada target publik. Seorang PR juga dapat memanfaatkan potensi-potensi besar media komunikasi melalui internet, seperti:
Komunikasi konstan. Internet bagaikan satpam atau sekretaris yang tidak pernah tidur selama 24/7 (24 jam x 7 hari) dengan potensi target publik seluruh dunia
Respons yang cepat. Internet memungkinkan kita dapat merespons secara cepat dan serta-merta semua permasalahan dan pertanyaan dari para prospek dan pelanggan
Pasar global. Internet telah menutup jurang pemisah geografis (kecuali psikologis) setelah kita terhubung ke dunia online. Kita dapat langsung berkomunikasi dengan pasar di Arab Saudi, investor di Swedia, dan mitra bisnis di California dengan biaya yang sangat minim
Interaktif. Sangat interaktifnya internet membuat kita dapat memperoleh feedback dari pelanggan atau pengunjung situs web kita. Dengan demikian, kita bisa tahu keinginan mereka sehingga tidak perlu lagi menebak-nebak
Komunikasi dua arah. Komunikasi antar organisasi kita dan publik merupakan tujuan utama aktivitas kehumasan melalui internet karena aktivitas ini akan membantu kita dalam membangun hubungan yang kuat dan saling bermanfaat yang tidak dapat dilakukan langsung oleh media offline
Hemat. PR dalam dunia fisik dianggap lebih dapat mempengaruhi tanggapan dan respon pasar. Pengeluarannya pun lebih hemat dibanding pengeluaran iklan. Kehumasan melalui internet dapat membuat organisasi menjadi lebih hemat mengingat langkah ini tidak membutuhkan stationery atau biaya cetak. Semakin murahnya biaya internet akan membuat biaya kehumasan melalui internet menjadi semakin terjangkau.
Kurangnya komunikasi dari sebuah organisasi adalah potensi masalah yang serius karena mungkin di luar sana terdapat beberapa, sumber informasi alternatif yang siap diakses, tapi tidak semuanya mungkin dapat dipercaya. Tidak menyediakan informasi yang lengkap dapat dianggap suatu tindakan merahasiakan sesuatu dan dapat menciptakan isu di sekitar publik terkait.

Sumber
http://spidolbekas.wordpress.com/2011/07/31/komunikasi-dan-internet/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s